Kamis, 04 Oktober 2012

Memperbaiki Printer Epson TX121 Mati Total



Pada kesempatan kali ini Pakde DEKA akan sharing tentang Printer EPSON  TX121,1 servisan dengan keluhan MATOT alias mati total. Pemiliknya juga rada pesimis dengan printernya apa bisa diperbaiki atau tidak. Kata dia printer belum lama dibeli dan printer sudah hilang garansi service center-nya karena printer diinfus. "Kemungkinan Logic Board-nya mas," saya mencoba menjelaskan kepada pemiliknya. Akhirnya printer ditinggal untuk dicoba diperbaiki.

Saya seruput kopi hangat dan coba memulai membongkar printer perlahan-lahan. Langsung menuju Logic Board yang merupakan otak printer. Perhitunganku kalau tidak power suplay ya boardnya.....


Komponen yang dilingkari merah merupakan bagian yang rusak.


Waktunya menggunakan senjata andalanku MULTITESTER , Tes sana tes sini... Yang bisa di tes cuma Dioda karena komponen ini yang sering rusak dan memungkinkan untuk dilakukan pergantian. Akhirnya ditemukan satu diaoda (D1) dalam keadaan short. Sekedar info bagi newbie Dioda berfungsi menyearahkan arus listrik, dalam pengetesan dengan multitester bila dioda dites bolak-balik(Anoda ke Katoda, Katoda ke Anoda) ada nilainya maka dioda dalam keadaan short atau rusak. Seharusnya satu arah saja.



Dioda yang rusak segera diganti degan dioda biasa (IN4001) yang saya beli dari toko elektronika seharga Rp.200.
Setelah dioda baru tersolder ke board printer dirakit kembali. Ternyata printer bisa hidup kembali dan bisa digunakan untuk printing serta scanning. Untuk kerusakan seperti ini User dikenakan jasa service sebesar Rp. 50.000 saja.

Semoga bermanfaat... dan sukses untukAnda semua.....!!!

15 komentar:

  1. punya saya coba tak ganti pake dioda in4002 malah hangus.. gimana nih kelanjutannya??? tolong pencerahaannya..

    BalasHapus
  2. mas printer epson ku tx121 mati total, kira2 mas bisa bantu service gk?saya di palembang.brp ongkos service nya mas?tolong di kirim ke email irgasaga1@hotmail.co.id..terima kasih mas

    BalasHapus
  3. @ Oyex belajar = mungkin terbalik masang kang, jadi korslet.
    Yang ane bukannya hangus, malah bunyi cit-citan ... bingung juga nih.

    BalasHapus
  4. makasih mas infonya, hal serupa pun terjadi, printer ane epson TX121x baru beli sebulan 7 hari udah MATOT. parahh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayak punya gue mas Bro, Baru dapet skitar 100 lembar, udah ded..........

      Hapus
  5. kalo pake dioda in4007 bisa gk???/

    BalasHapus
  6. nanya dikit...kira-kira apa sebab dioda nya konslet ...?

    BalasHapus
  7. sama gan, punya q juga gtu, tak ganti dioda in4007 malah hangus,
    produk gagal ni tx121x.

    BalasHapus
  8. kalau yang gerakkan catridge apa namanya?yhx

    BalasHapus
  9. di jember ad gk toko/perorangan yg stok mainboard epson tx121x / yg bs servis printer sy, ud pernah mati 1x (ganti diode) n skrg mati lagi ( CP. 082330229234 )

    BalasHapus
  10. please help me...my epson printer tx121x is dead....(JEMBER AREA/082335219984)

    BalasHapus
  11. mas...printer tx121x sy jg tlong diservice,mati total jg sama entah kena dioda nya atw yg lain...( cp.085214991810 )

    BalasHapus
  12. masih bingung cara cek diodanya dalam keadaan dioda terpasang di pcb atau dilepas dari pcb,mohon pencerahan,, dan cara pengecekan adaptornya juga masih bingung mana dengan mana yg harus dihubungkan.. minta pencerahannya dong :(

    BalasHapus
  13. Printer sy epson L1800, kemaren head nya mampet trus sy bongkar, sy rendem permukaan head nya, pas d pasang malah mati total lampu power ga nyala cuma ada bunyi cit. .Cit.. Mohon bantuannya para master. .

    BalasHapus