Sabtu, 12 Mei 2012

Memperbaiki Adaptor (charger) Laptop yang Rusak

Charger laptop sering kali rusak jika penggunaan yang kurang baik. Hal yang paling sering terjadi pada charger laptop adalah konsletnya kabel pada keluaran charger sehingga kabel akan meleleh dan akhirnya putus.
Jika kabel charger laptop ini putus biasanya lampu indikator yang ada pada charger masih dapat menyala, itu berarti rangkaian masih berfungsi dengan baik.
Dalam beberapa kasus sering juga ditemui kerusakan charger laptop yang lampu indikatornya tidak menyala sama sekali. Hal tersebut mengindikasikan rangkaian regulator ada masalah.
Masalah yang biasanya terjadi adalah transistor regulator yang mati atau hanya sekring yang putus. Namun tidak sedikit juga terdapat kasus dioda yang putus atau juga terhubung (bocor) hingga nilai hambatan mendekati 0 (nol).
Jika dioda yang bocor ada pada bagian blok penyearah akhir biasanya lampu indikator masih bisa menyala. Kenapa demikian? karena lampu indikator yaitu LED sendiri merupakan dioda yang dapat berpendar. Jadi baik arus DC maupun AC led masih bisa menyala namun jika di arus AC (bolak balik) LED akan nampak lebih redup karena yang akan digunakan LED untuk menyalah adalah siklus positif (setengah gelombang).
Biasanya dioda yang ada pada bagian blok penyearah akhir bentuknya seperti transistor TIP yang hanya memiliki dua kaki saja, namun ada juga yang memiliki tiga buah kaki, yaitu dua kaki di pinggir sebagai input dan satu kaki digunakan sebagai output.
Dioda lain yang paling sering rusak adalah dioda penyearah awal. Dioda penyearah awal ini biasanya berbentuk dioda bridge jadi atau sering disebut kiprok yang berbentuk kotak hitam dengan empat buah kaki yang berbaris. Jika dioda ini rusak, maka ada beberapa komponen yang akan kena imbas kerusakan nya. Salah satunya elco yang paling besar yang berada pada blok penyearah akhir. Rusaknya elco ini ditandai dengan bau yang tidak enak ditambah cairan elco yang keluar dari dalam tabung elco, dan kerusakan semacam ini mengharuskan kita untuk mengganti elco tersebut degan yang baru. Komponen yang rusak kedua adalah fuse atau sekring. Biasaya jika dioda bocor atau salah satu dari bridge bocor maka kinerja penyearahan arus akan tidak stabil sehingga menimbulkan beban yang sangat tinggi di transistor regulator yang berdampak pada putusnya fuse tersebut. Namun pada beberapa kasus ditemukan bahwa fuse tidak putus melainkan transistor yang kalah dan akhirnya jebol.
Untuk kerusakan seperti diatas karena dioda bridge kiprok jarang dijual dengan bentuk yang sama, dewata elektronik membuat rangkaian bridge baru dengan memanfaatkan empat buah dioda biasa yang dirangkai bridge sesuai fungsi aslinya dan akhirnya menyala dengan baik.

Untuk lebih jelas bisa dilihat video berikut :



sumber :
http://mamaus.wordpress.com/2010/11/03/memperbaiki-adaptor-laptop-yang-rusak/

9 komentar:

  1. Kebetulan ane lagi punya kasus yang sama

    BalasHapus
  2. laptop compaq presario CQ42 lampu indikatornya kedap-kedip.gak bisa di cas trus ada tulisan "smart AC adapter is running too slow"....mohon solusinya...BTW tempatnya di Jember sebelah mana mas ? kebetulan aku tinggal di Jember. trims....

    BalasHapus
  3. numpang tanya pak
    laptop saya Byon Alverstone M31G/M
    chargernya kadang suka kelap kelip ga jelas n tak mau ngecharge, pas dicabut colok ulang, baru bisa. tapi bakal terjadi lagi
    itu knapa ya?
    trims

    BalasHapus
  4. saya tak bisa bukanya kalau buka pakai kayu putih malah jadi rusak tak bisa di pasang lagi dengan rapi. mohon solusinya

    BalasHapus
  5. gan.., ane mau tnya.., adaptor laptop ane gak mau ngecas, trus klo d colokin ada bunyi2 kayk bom waktu gtu....
    tu kira2 yg rusak apanya y gan..
    mohon pencerahannya gan...

    BalasHapus
  6. Gan mau tanya, laptop saya beberapa minggu yang lalu sepertinya terjadi konslet kita saya mencolok kabel VGA sewaktu saya mau extend displaynya ke TV.

    Ada bunga api yang keluar dan MCB jadi trip / jatuh.

    Ada yang bilang kemungkinan beterainya jebol.


    Ketika saya baca thread Agan, mengenai


    Namun tidak sedikit juga terdapat kasus dioda yang putus atau juga terhubung (bocor) hingga nilai hambatan mendekati 0 (nol).

    Nah saya mau bertanya apa yang terjadi kalau hambatannya mendekati 0.
    Apakah laptopnya akan berfungsi secara normal. Tapi arus yang di alirkan ke laptop jadi melonjak. Dan ketika ada sesuatu di hubungkan dengan ground laptop. Jadi konslet?

    Teriam kasih gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dioda Bocor bisa, atau ada kondensator keramik/milar dengan nilai 1 Nf (102) / 1 KV (sbg kopel dari primer ke skunder trafo), agak bocor .... ditandai dengan kebocoran listrik pada bagian ground, coba cek dgn tespen!

      Hapus
  7. laptop gue Acer gan, di cas masih nyala lampu indikatornya tpi klo dinyalain ga bisa, cuma nyala, laptop cuma ngrespon (nyala sbentar/1detikan doang lampunya)

    BalasHapus