Sabtu, 12 Mei 2012

Memperbaiki Adaptor (charger) Laptop yang Rusak

Charger laptop sering kali rusak jika penggunaan yang kurang baik. Hal yang paling sering terjadi pada charger laptop adalah konsletnya kabel pada keluaran charger sehingga kabel akan meleleh dan akhirnya putus.
Jika kabel charger laptop ini putus biasanya lampu indikator yang ada pada charger masih dapat menyala, itu berarti rangkaian masih berfungsi dengan baik.
Dalam beberapa kasus sering juga ditemui kerusakan charger laptop yang lampu indikatornya tidak menyala sama sekali. Hal tersebut mengindikasikan rangkaian regulator ada masalah.
Masalah yang biasanya terjadi adalah transistor regulator yang mati atau hanya sekring yang putus. Namun tidak sedikit juga terdapat kasus dioda yang putus atau juga terhubung (bocor) hingga nilai hambatan mendekati 0 (nol).
Jika dioda yang bocor ada pada bagian blok penyearah akhir biasanya lampu indikator masih bisa menyala. Kenapa demikian? karena lampu indikator yaitu LED sendiri merupakan dioda yang dapat berpendar. Jadi baik arus DC maupun AC led masih bisa menyala namun jika di arus AC (bolak balik) LED akan nampak lebih redup karena yang akan digunakan LED untuk menyalah adalah siklus positif (setengah gelombang).
Biasanya dioda yang ada pada bagian blok penyearah akhir bentuknya seperti transistor TIP yang hanya memiliki dua kaki saja, namun ada juga yang memiliki tiga buah kaki, yaitu dua kaki di pinggir sebagai input dan satu kaki digunakan sebagai output.
Dioda lain yang paling sering rusak adalah dioda penyearah awal. Dioda penyearah awal ini biasanya berbentuk dioda bridge jadi atau sering disebut kiprok yang berbentuk kotak hitam dengan empat buah kaki yang berbaris. Jika dioda ini rusak, maka ada beberapa komponen yang akan kena imbas kerusakan nya. Salah satunya elco yang paling besar yang berada pada blok penyearah akhir. Rusaknya elco ini ditandai dengan bau yang tidak enak ditambah cairan elco yang keluar dari dalam tabung elco, dan kerusakan semacam ini mengharuskan kita untuk mengganti elco tersebut degan yang baru. Komponen yang rusak kedua adalah fuse atau sekring. Biasaya jika dioda bocor atau salah satu dari bridge bocor maka kinerja penyearahan arus akan tidak stabil sehingga menimbulkan beban yang sangat tinggi di transistor regulator yang berdampak pada putusnya fuse tersebut. Namun pada beberapa kasus ditemukan bahwa fuse tidak putus melainkan transistor yang kalah dan akhirnya jebol.
Untuk kerusakan seperti diatas karena dioda bridge kiprok jarang dijual dengan bentuk yang sama, dewata elektronik membuat rangkaian bridge baru dengan memanfaatkan empat buah dioda biasa yang dirangkai bridge sesuai fungsi aslinya dan akhirnya menyala dengan baik.

Untuk lebih jelas bisa dilihat video berikut :



sumber :
http://mamaus.wordpress.com/2010/11/03/memperbaiki-adaptor-laptop-yang-rusak/

22 komentar:

  1. Kebetulan ane lagi punya kasus yang sama

    BalasHapus
  2. laptop compaq presario CQ42 lampu indikatornya kedap-kedip.gak bisa di cas trus ada tulisan "smart AC adapter is running too slow"....mohon solusinya...BTW tempatnya di Jember sebelah mana mas ? kebetulan aku tinggal di Jember. trims....

    BalasHapus
  3. numpang tanya pak
    laptop saya Byon Alverstone M31G/M
    chargernya kadang suka kelap kelip ga jelas n tak mau ngecharge, pas dicabut colok ulang, baru bisa. tapi bakal terjadi lagi
    itu knapa ya?
    trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. kabelnya mungkin gan

      Hapus
    2. Nah senasib gan masalahnya udh cabut colok cabut colok kek gtu terus, tpi ngecas pake charger lain tpi satu merk bisa.
      *laptop acer aspire V5

      Hapus
  4. saya tak bisa bukanya kalau buka pakai kayu putih malah jadi rusak tak bisa di pasang lagi dengan rapi. mohon solusinya

    BalasHapus
  5. gan.., ane mau tnya.., adaptor laptop ane gak mau ngecas, trus klo d colokin ada bunyi2 kayk bom waktu gtu....
    tu kira2 yg rusak apanya y gan..
    mohon pencerahannya gan...

    BalasHapus
  6. Gan mau tanya, laptop saya beberapa minggu yang lalu sepertinya terjadi konslet kita saya mencolok kabel VGA sewaktu saya mau extend displaynya ke TV.

    Ada bunga api yang keluar dan MCB jadi trip / jatuh.

    Ada yang bilang kemungkinan beterainya jebol.


    Ketika saya baca thread Agan, mengenai


    Namun tidak sedikit juga terdapat kasus dioda yang putus atau juga terhubung (bocor) hingga nilai hambatan mendekati 0 (nol).

    Nah saya mau bertanya apa yang terjadi kalau hambatannya mendekati 0.
    Apakah laptopnya akan berfungsi secara normal. Tapi arus yang di alirkan ke laptop jadi melonjak. Dan ketika ada sesuatu di hubungkan dengan ground laptop. Jadi konslet?

    Teriam kasih gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dioda Bocor bisa, atau ada kondensator keramik/milar dengan nilai 1 Nf (102) / 1 KV (sbg kopel dari primer ke skunder trafo), agak bocor .... ditandai dengan kebocoran listrik pada bagian ground, coba cek dgn tespen!

      Hapus
  7. laptop gue Acer gan, di cas masih nyala lampu indikatornya tpi klo dinyalain ga bisa, cuma nyala, laptop cuma ngrespon (nyala sbentar/1detikan doang lampunya)

    BalasHapus
  8. Thankz gan. postinganx sangat membantu

    BalasHapus
  9. lihat dari postingannya bagus gan elektro banget :D
    sedikit menanmbahkan ya gan tentang cara membuka charger laptop yang mulus tentunya tanpa kekeraasan.
    selengkapnya di http://satu1komputer.blogspot.com/2015/08/cara-membuka-charger-laptop.html
    terimakasih :D

    BalasHapus
  10. Gan,, kalo lampu indikator normal , icon btrenya normal juga available unplugged in chatting tapi persentase batre nya 0 persen gan
    Solusi nya gan

    BalasHapus
  11. Gan saya mau nanya knapa charger laptop samsung ane ujung buat nyolok ke laptop kok nyetrum yah seteumnya kayak setrum rumahan gtu kerasa bgt sampek nempel ke tangan kalau kesengat

    BalasHapus
  12. Mau nanya gan. Kabal charger laptop ane putus. Terus ane sambungin lagi. Setelah di sambung pas di colokin ke arus listrik ada bunyi tit tit tit. Itu kenapa ya.. Muhun info nya..

    BalasHapus
  13. mas numpang nanya ni.. laptop saya asus kalau mau dihidupin adaptornya harus dilepas klu ga dilepas kagak bisa hidup setelah hidup baru bisa dipasang adaptornya. jadi bateraynya ga boleh 0% nanti ga bisa dihidupin lagi. ini masalah kira kira apa ya ?
    mohon penjelasannya ya.... makasi sebelumnya

    BalasHapus
  14. Dear Friend

    Good days , sorry for disturb you , this is Mr.AKE from china. we are the leading laptop charger and mobile phone charger manufacture from china.

    now we are make the smallest 65W laptop ac adapter , so i want to show it to you , hope you interesting . tks

    the chargers is as below, if you need more inforamtion , please contact me . tks

    best regards

    sincerely

    AKE

    austeam technology (sz) co.,limited

    www.austeam.cn skype: weizhenke21

    BalasHapus
  15. Pak, saya mau tanya. Adapter laptop (as*s type a46cb out;19v 3.42A) saya output'y tidak stabil, jd saat di colok spt putus nyambung. Jika laptop keadaan mati nge-charge spt biasa. Saya sdh ciba ganti optocouplr saya kira itu, ternyata bkn. Kira2 apa'y ya.?mohon bantuannya.trimakasih

    BalasHapus
  16. Pakmau tanya. Tiap kabel casan laptop asus a43s saya dicolok 1 kosan langsung mati lampu. Kejepret kalo kata orng sini. Itu kenapa ya. Mohon dibantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya diosa kiprox,atau transistor regulator (cm yang ganti part untuk trans agak sulit, kl dioda mah gampang....

      Hapus
    2. mas kebetulan kasusnya sama nie charger Toshiba saya kl di colok listrik langsung short dan listrik mati ...kemaren lihat2 tutorial sana sini akhire tak lepas itu dioda bridge, Elco 47mfd, dan mosfer k2996 tak cek pakai multitester kok normal ya ...ada kemungkinan yang short apa ya mas ...terima kasih sebelumnya

      Hapus
  17. Pak mau tanya . Kok charger saya waktu saya bongkar nyetrum ya .? Saya cek pake tespen. tespen nya hidup (kondisi charger tidak terhbung dengan colokan )

    BalasHapus